Ketahui Cara Budidaya Cabe Merah

By | November 3, 2021

Ketahui Cara Budidaya Cabe Merah – Cabe Merah merupakan salah satu jenis cabe favorit di Indonesia. Pasalnya, cabe jenis ini dapat memberikan sensasi pedas yang begitu terasa. Ya, cabe Merah sering digunakan untuk menemani gorengan atau dijadikan sambal. Membahas cabe Merah, ternyata cabe Merah sangat mudah tumbuh di pekarangan rumah.

Bahkan cabe Merah ini juga bisa tumbuh dengan sangat baik di dataran yang rendah hingga dataran yang tinggi dan hampir seluruh jenis tanah cocok untuk lahan budidaya. Selain itu, Budidaya Cabe Merah relatif lebih tahan terhadap hama. Bagi anda yang ingin mengetahui cara menanam cabe Merah di pekarangan anda, berikut penjelasannya.

Syarat Menanam Cabe Merah

Tanaman cabe merah  dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut. Selain di dataran rendah, tanaman cabe merah  juga bisa tumbuh di dataran tinggi, namun hasil yang didapat biasanya kurang maksimal. Suhu yang baik untuk menanam cabe merah adalah antara 24 derajat C sampai 28 derajat C.

Jika suhu udara di bawah 15 derajat C dan di atas 32 derajat C, pertumbuhan cabe merah  akan terganggu. Curah hujan yang diinginkan untuk tanaman cabe merah  adalah 800 mm/tahun sampai 200 mm/tahun. Kelembaban tanah harus dengan PH 6 sampai 7.

Cara Budidaya Cabe Merah

 

Siapkan Media Semai

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan media semai. Persiapan tanah dimulai dengan mencangkul hingga kedalaman sekitar 40 cm. Sebaiknya untuk media penyemaian itu adalah sebuah tanah yang telah dicampur dengan suatu pupuk kandang atau pupuk kompos dan sekam yang sudah bakar dengan perbandingan 3:2:1. Untuk mencegah suatu penyakit, media semai harus disterilkan terlebih dahulu.

Dimana sterilisasi dilakukan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Kemudian didinginkan, dimasukkan ke dalam wadah penyemaian yang kemudian disiram. Namun bisa juga menggunakan wadah pembibitan seperti polybag kecil, kantong plastik, daun pisang, nampan plastik, atau menggunakan gelas minum plastik yang berlubang.

Pilihan Bibit Cabe Merah

Saat ini sudah banyak tersedia bibit cabe Merah hibrida dengan keunggulannya masing-masing. Namun sebaiknya memilih bibit cabe Merah yang baik, yaitu memilih bibit sendiri. Biji cabe Merah bisa didapatkan dari buahnya. Potong kulit buah memanjang. Kemudian buang biji yang ada di pangkal dan ujung buah, lalu ambil biji yang ada di tengah.

Karena benih yang berada di tengah merupakan benih dengan kualitas terbaik. Kemudian rendam biji cabe Merah dalam air bersih dan buang bijinya yang mengambang. Sedangkan benih yang cocok dijadikan benih adalah yang mengandung dan tenggelam dalam air. Jika sudah, jemur benih hingga kering selama 3 hari.

Proses Menanam Cabe Merah

Setelah menyelesaikan langkah kedua. Kemudian masukkan sebuah benih cabe merah ke dalam polibag sedalam 0,5 cm dan tutupi permukaannya dengan media tanam. Setelah itu, mulailah menanam bibit cabe Merah dan menyiramnya dengan baik.

Jika sinar matahari tidak cukup, tanaman akan tumbuh lebih tinggi, daun dan batang akan melemah, panen akan lebih lama dan produksi akan rendah. Cabe Merah mulai berbuah dan bisa dipanen setelah 2,5 sampai 3 bulan sejak pertama kali benih ditanam.

Pengaturan Mulsa Dan Air

Sepanjang musim tanam, pastikan tanaman cabe Merah mendapat air minimal 2 cm selama seminggu. Sementara itu, jika Anda tinggal di daerah yang sangat panas dan kering, tambahkan lapisan mulsa organik yang tebal untuk membantu mempertahankan kelembapan tanah dan memoderasi suhu tanah.

Penggunaan mulsa plastik hitam perak justru akan meningkatkan produktivitas. Namun, sebagai alternatif, mulsa dari jerami bisa digunakan. Hanya saja butuh pengawasan lebih agar penggunaan jerami tidak mengundang hama dan penyakit.

Penyiraman Dan Pemupukan

Agar tumbuh subur, tanaman cabe Merah membutuhkan air dan unsur hara yang cukup dengan pemupukan. Nah, seperti yang sudah disebutkan di langkah keempat. Dianjurkan untuk menyirami tanaman cabe Merah secara teratur. Siram tanaman secara menyeluruh dan dalam. Sedangkan aplikasi pemupukan ada 2 cara yaitu sistem bocor dan disemai. Oleskan kompos yang tercampur rata dengan tanah.

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman cabe merah  dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penyiraman, penanaman kembali, pemupukan, pemasangan jangkar, pemotongan pucuk, penyiangan, dan pengendalian hama. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan proses budidaya cabe merah  dapat Anda perhatikan di atas. Selain mengetahui penjelasan di atas, Anda juga perlu mengetahui perhitungan analisis bisnis dalam menjalankan bisnis cabe merah .

Demikian ulasan tentang Ketahui Cara Budidaya Cabe Merah semoga bermanfaat.

BACA JUGA CARA BUDIDAYA CABAI RAWIT