Cara Budidaya Bawang Merah Dengan Mudah

By | November 9, 2021

Cara Budidaya Bawang Merah Dengan Mudah – Budidaya bawang merah adalah salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan. Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang sangat penting dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, harga jualnya relatif stabil.

Harga bawang merah cenderung tidak pernah turun. Bahkan terkadang menjadi mahal di momen-momen tertentu, seperti di Hari Raya dan menjelang akhir tahun. Apalagi bawang merah merupakan tanaman yang cukup mudah perawatan atau budidayanya. Berikut kami jelaskan tentang Cara Budidaya Bawang Merah Dengan Mudah.

Cara Budidaya Bawang Merah Dengan Mudah

Cara Budidaya Bawang Merah Dengan Mudah

Supaya bawang merah yang Anda budidayakan bisa panen tepat waktu dengan sebuah hasil terbaik dan berkualitas tinggi. Langsung saja kita simak berbagai langkah mudah tentang bagaimana cara budidaya bawang merah dengan mudah sampai panen berikut ini.

Memilih Bibit Berkualitas Terbaik

Cara menanam bawang merah yang penting adalah memilih umbi dengan kualitas terbaik. Karena bawang merah merupakan tanaman yang ditanam dengan menempatkan umbi sebagai bijinya. Jadi umbi untuk benih bawang merah harus berkualitas tinggi.

Setiap umbi yang akan dijadikan benih membutuhkan bobot sekitar 3 sampai 4 gram. Kita juga perlu merendam benih terlebih dahulu menggunakan cairan hormon organik selama 10 menit. Hal ini perlu kita lakukan sehari sebelum proses penanaman.

Mengolah Tanah Sebaik Mungkin

Cara budidaya bawang merah selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang baik. Anda perlu mengolah tanah dengan membajaknya sedalam 30 cm. Setelah itu tinggalkan tanah selama seminggu. Langkah terakhir, buat sebuah bedengan setinggi 30 cm dengan lebar 75 cm. Jangan lupa untuk memasang mulsa plastik untuk menjaga kelembaban tanah dan mencegah tumbuhnya gulma di tanah.

Menanam Bibit Dengan Cara Yang Benar

Untuk penanaman bibit bawang yang tepat yaitu dengan cara membasahi tanah terlebih dahulu. Kemudian buat lubang di tanah dengan kedalaman dan jarak sesuai dengan benih yang akan Anda masukkan. Cara untuk memulai bisnis budidaya bawang merah yang baik yaitu setiap jarak antar tanaman dengan tanaman lain yang anda buat antara 15 x 15 cm, 15 x 20 cm, atau 20 x 20 cm. Setelah itu benih siap ditempatkan atau ditaruh di tanah yang dangkal.

Memelihara Pertumbuhan Bawang Dengan Hati-Hati

Dalam agribisnis bawang merah sangat penting untuk diperhatikan pemeliharaannya. Tanaman ini membutuhkan penyemprotan berupa POC GDM dengan frekuensi seminggu sekali setiap batang. Penyemprotan sebaiknya dilakukan sebanyak 2 gelas pada pagi dan sore hari agar nutrisinya terpenuhi. Penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari atau setelah hujan untuk mencegah hama.

Setelah 10 hari, 20 hari dan 35 hari sebaiknya berikan pupuk anorganik bila perlu. Penggunaan pestisida kimia dalam budidaya bawang merah merupakan pilihan terakhir yang dapat Anda lakukan jika diperlukan. Selain itu, potong daun yang dimakan ulat. Taburkan juga bijinya menggunakan bubuk Gliocladium dan Trichoderma, serta berbagai aplikasi lainnya.

Memprediksi Waktu Panen Yang Tepat

Umumnya kita bisa memanen bawang merah pada hari ke-70 atau ke-80 setelah tanam. Bawang merah yang sudah siap panen bisa dilihat dari umbinya yang mencuat ke tanah dan daunnya juga berguguran.

Peluang Agribisnis Bawang Merah

Selain dapat bermanfaat sebagai bumbu dapur yang penting, budidaya bawang merah juga memberikan manfaat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang ini mengandung vitamin C, B6 dan B9. Bawang merah juga sangat bermanfaat sebagai suatu obat alami dan meredakan berbagai jenis penyakit. Bumbu dapur ini juga sangat penting dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga membantu pembentukan sel darah merah.

Dengan berbagai manfaat tersebut membuat bawang merah menjadi salah satu produk tanaman yang sangat penting untuk semua masyarakat kita. Dengan pengetahuan dan pengalaman dalam bertani, menjalankan bisnis ini akan menguntungkan.

Nah, bagi Anda yang mulai tertarik untuk menjalankan suatu bisnis budidaya bawang merah ini, Anda dapat memulainya dengan sebuah modal yang kecil. Agrobisnis bumbu dapur ini memiliki peluang bisnis yang besar dan berjangka panjang.

Demikian ulasan tentang Cara Budidaya Bawang Merah Dengan Mudah semoga bermanfaat.