Cara Budidaya Jamur Merang Tanpa Bibit

By | November 10, 2021

Cara Budidaya Jamur Merang Tanpa Bibit – Anda mungkin penikmat jamur yang sangat populer untuk beberapa resep makanan menarik. Mungkin Anda juga tertarik untuk memulai Budidaya Jamur Merang tanpa bibit saat ini? Jamur merupakan komoditas yang mudah kita temukan di beberapa supermarket atau pasar modern.

Salah satu komoditas hortikultura yang memiliki pasar yang cukup luas, namun pembudidayanya sendiri masih sedikit. Jamur memiliki prospek bisnis yang bagus dari hari ke hari, tentunya ada beberapa informasi menarik bagi anda yang ingin membudidayakannya. Berikut penjelasannya:

Menanam Jamur Merang Tanpa Bibit

 

Cara Budidaya Jamur Merang Tanpa Bibit

Pada dasarnya jamur merang itu sangat mudah tumbuh, hanya saja kecepatan pertumbuhannya mungkin berbeda dengan menggunakan bibit. Untuk melihat hasil percobaan yang telah saya lakukan, menanam jamur merang tanpa bibit. jarang kita temukan penjual bibit bersertifikat yang berani menjamin bibit jamur yang mereka jual akan tumbuh dan memang jamur yang bisa dimakan.

Setelah sekian generasi dan mungkin tidak ada lagi eksperimen menanam sendiri, bibit yang kita beli tidak bisa dijamin itu jamur yang bisa dimakan murni, padahal bibit yang kita beli harganya jauh lebih murah dari media yang kita tanam karena jumlahnya bisa 1 ton . Apalagi hasil panen yang diharapkan bisa sangat besar.

Dan sungguh sial jika benih yang kita tanam dan berharap menjadi jamur ternyata bercampur dengan jamur liar. Inilah kenapa saya tidak percaya lagi dengan penjual bibit jamur. Apalagi yang menggunakan media merang yaitu 2000 silver per polybag, mungkin kita hanya membeli 1 polybag dari 2000 silver straw.

Cara Budidaya Jamur Merang Lengkap Hingga Panen

Dengan menggunakan teknik yang tepat akan menghasilkan kualitas jamur merang yang memiliki hasil yang lebih baik, tentunya hal ini akan mempengaruhi harga jual jamur lebih mahal. Berikut ini adalah tahapan budidaya jamur merang:

Syarat Menumbuhkan Jamur

Hal paling mendasar yang harus Anda ketahui tentang jamur adalah kondisi di mana mereka tumbuh. Sebab, tanpa mengetahui syarat tumbuh jamur, akan sulit tumbuh dan berkembang secara optimal., berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

a. Kandungan Air

Kadar air dalam substrat sebaiknya hanya antara 60-65%. Jika kurang dari 60%, maka jamur tidak dapat hidup. Untuk menjaga kadar air, Anda bisa menyemprotkan air ke dalam ruangan untuk mengatur kelembapan ruangan dan suhunya.

b. Suhu

Suhu sangat penting dalam budidaya jamur. Oleh karena itu, Anda harus terus memantau suhu udara di dalam ruangan sesuai perkembangannya. Saat jamur dalam tahap berbuah, pertahankan suhu pada 16 – 22 C

c. Kelembaban

Lakukan pemantauan terhadap kelembaban udara sesuai dengan pertumbuhannnya. pastikan kelembaban berada di angka 60%-70%. Sedangkan pada saat pertumbuhan buah, pastikan kelembaban udara pada 80%-90%,

Membuat Jamur Tiram

  • Bag log storage (media tanam jamur) dapat dibuat dengan menggunakan bilik bambu atau dinding permanen.
  • Kubung dibuat seperti rumah yang terdiri dari rak-rak untuk media tanam (kantong kayu).
  • Jarak antar rak adalah 60-75 cm, dengan lebar rak 50 cm, tinggi rak maksimal 3 m, dan panjang yang disesuaikan dengan ketersediaan lahan.
  • Pada jarak itu, rak dapat berisi 4-5 kantong kayu gelondongan. Anda bisa membuat bung dengan ukuran yang disesuaikan dengan luas lahan.

Membuat Media Tanam Jamur

Setelah menyiapkan bunga sebagai tempat meletakkan media tanam jamur, selanjutnya Anda bisa mulai membuat media tanam jamur berupa bag log. Anda dapat membuat bag log menggunakan alat sederhana dan murah dengan cara berikut:

1. Peralatan

  • Sterilizer digunakan untuk mensterilkan media tanam jamur agar jamur yang dapat dimakan dapat tumbuh tanpa terganggu oleh hama lain.
  • Alat sterilisasi jamur sederhana yang bisa Anda pilih bak dan kompor steril.
  • Alat pencampur media berupa cangkul, ayakan, ember dan sekop.
  • Alat inokulasi berupa lampu bunsen + spiritus, masker, spatula atau pinset, alcohol.
  • Alat transportasinya adalah bola basket.
  • Bag Log (plastik PP ukuran 18×30 cm).
  • Ring atau Cincin.

2. Bahan-Bahan

  • 100 kg serbuk gergaji
  • 15 kg dedak (untuk makanan tambahan sumber jamur yang dapat dimakan)
  • 2 kg kapur.
  • 1 kg plesteran atau cukup untuk mendapatkan pH media tanam antara 6-7.

Demikian ulasan tentang Cara Budidaya Jamur Merang Tanpa Bibit semoga bermanfaat, terimakasih.