Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

By | November 9, 2021

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe – Tanpa nutrisi yang tepat, tanaman Cabe akan tumbuh lambat dan bisa menimbulkan masalah. Namun, disarankan untuk memakai pupuk dengan jumlah nitrogen yang sehat selama pertumbuhan tanaman yang lebih muda. Selain pemupukan rutin, berikut merupakan beberapa cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe yang dapat Anda lakukan dengan cukup mudah.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

Gunakan Lampu Tumbuh Tanaman

Jika Anda mulai menanam benih Cabe di dalam ruangan, Anda harus selalu menggunakan sebuah lampu tanam. Lampu Grow kini lebih mudah ditemukan di pasaran. Saat ini, lampu LED tumbuh yang lebih kecil dan lebih tenang dapat membantu tanaman tumbuh cepat dan kuat dari biji.

Pertimbangkan Pemangkasan Dari Awal

Pemangkasan awal yaitu sekitar 1,5 sampai 2 bulan tanaman bisa mendorong tanaman Cabe menjadi lebih lebat. Pemangkasan juga dapat membantu tanaman Cabe Anda tumbuh lebih kuat. Tanaman akan pulih dengan cepat dari proses dan akan menumbuhkan sebuah tunas baru dan seringkali lebih banyak bunga.

Penggantian Pot Pada Waktu Yang Tepat

Transplantasi atau penggantian pot tanaman Cabe penting untuk memberi sebuah ruang bagi tanaman untuk terus tumbuh. Jika Anda menunggu terlalu lama, tanaman bisa menjadi terikat pada akar. Kemudian benih harus dipindahkan ke pot yang lebih besar 3 sampai 4 minggu setelah bertunas. Sistem akar seharusnya hanya bisa mencapai bagian bawah pot saja saat Anda melakukan penanaman.

Gunakan Pot Yang Lebih Besar

Ketika tanaman Cabe dikurung dalam sebuah pot kecil, ukuran tanaman juga akan relatif lebih kecil. Ini karena sistem akar kehabisan sebuah ruang untuk berkembang, dan dedaunan tanaman mengikutinya. Ukuran sebuah pot yang dibutuhkan tanaman Cabe bervariasi dari satu varietas ke varietas lainnya. Namun, yang terbaik adalah berada pada sisi yang aman dan memilih pot yang lebih besar.

Budidaya Tanah

Bukan hanya tingkat kesuburan saja yang bisa mempengaruhi proses pemanjangan tanaman Cabe, tentunya harus diperhatikan dengan baik. Tanah yang digunakan harus diolah sampai benar-benar halus dan gembur. Jika tanahnya subur tetapi cara pengolahannya salah, maka akan menjadi penyebab kegagalan dalam budidaya.

Pengolahan tanah harus dilakukan dengan baik dan merata di seluruh lahan yang digunakan. Tanaman Cabe hanya dapat tumbuh jika kondisi tanah cukup gembur, gembur, dan mengandung bahan organik yang cukup untuk pertumbuhan tanaman Cabe.

Pemberian Pupuk Dan Obat-Obatan

Jika Anda berpikir bahwa dengan memberikan obat dan pupuk melebihi dosis yang dibutuhkan, Anda dapat mempercepat proses memperpanjang umur tanaman. Mungkin pendapat Anda sedikit benar, namun pemberian pupuk dan obat-obatan bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan budidaya. Hal yang harus Anda pastikan adalah penggunaan pupuk dan obat-obatan sesuai dengan jenis tanah yang digunakan untuk budidaya Cabe.

Penggunaan suatu pupuk kimia yang berlebihan untuk proses memperpanjang umur tanaman Cabe akan berdampak negatif pada penanaman berikutnya. Tidak hanya itu, pemupukan yang berlebihan akan mengakibatkan pengeluaran membengkak dan mubazir.

Dalam pemberian pengobatan juga perlu dilakukan dengan dosis yang tepat. Pengobatan harus diberikan secara teratur dan bergantian. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman Cabe karena tanaman ini merupakan tanaman yang sangat sensitif terhadap hama dan penyakit.

Tanam Di Bawah Sinar Matahari Penuh

Setelah tanaman Cabe siap untuk berada di luar ruangan, pastikan Anda memilih sebuah lokasi dengan sinar matahari sebanyak mungkin. Jika taman atau halaman Anda teduh, lakukan yang terbaik untuk menghindari naungan yang tidak perlu sepanjang hari. Jika Anda menanam Cabe dalam pot, pastikan Anda menempatkan pot jauh dari gedung-gedung tinggi seperti rumah, perabot pekarangan, semak-semak, dan sebagainya.

Pilih Saat Matang

Agar tanaman Cabe yang telah Anda rawat dapat menghasilkan buah terbaik, Anda perlu memanen Cabe pada saat sudah matang. Ini akan memungkinkan tanaman untuk terus mendorong energi untuk menghasilkan lebih banyak buah. Cabe yang tersisa akan tumbuh lebih cepat lagi jika Anda tutin untuk memetik buah yang matang. Ini opsional, karena beberapa paprika akan terus matang jika dibiarkan di tanaman.

Demikian ulasan tentang Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe semoga bermanfaat.