Cara Menanam Brokoli Hidroponik

By | November 13, 2021

Cara Menanam Brokoli Hidroponik – Brokoli termasuk dalam famili dengan batang lunak. Tanaman brokoli ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Budidaya brokoli sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. anda bisa melakukan budidaya brokoli secara hidroponik. Anda bisa membaca tentang budidaya brokoli pada artikel kami di bawah ini.

Penasaran bagaimana cara menanam brokoli hidroponik? Berikut kami akan memberikan panduan sederhana cara menanam Brokoli Hidroponik. Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah menyiapkan area untuk menanam brokoli. Bersihkan lahan atau area yang akan Anda gunakan, apakah itu tanah atau rumput liar. Siapkan bibit brokoli jenis unggul yang bebas hama dan penyakit. Rendam benih dalam air hangat dan pilih benih yang tenggelam.

 

Cara Menanam Brokoli Hidroponik

Cara Menanam Brokoli Hidroponik

 

Proses Benih

Untuk menanam brokoli hidroponik, Anda bisa menggunakan rockwool. Potong rockwool dengan ukuran kurang lebih 3 x 3 cm dan masukkan ke dalam nursery tray. Siram rockwool dengan air secukupnya, jangan sampai air menggenang di nampan. Kemudian buat lubang tanam dengan menusuk rockwool menggunakan tusuk gigi atau stik. Masukkan bibit brokoli hidroponik ke dalam lubang tanam. Satu lubang untuk satu biji brokoli.

Menanam Brokoli Hidroponik

Bibit yang cocok untuk ditransplantasikan ke instalasi hidroponik atau kit hidroponik adalah bibit yang sudah memiliki 4 daun majemuk. Untuk media tanam bisa ditambahkan sekam agar tanaman bisa tumbuh kuat. Untuk menghemat biaya hidroponik, Anda bisa menggunakan kit hidroponik berupa botol minuman bekas.

Proses transplantasi sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Cara prosesnya siapkan netpot lalu pindahkan tumbuhan dari nampan semai ke dalam netpot. Kemudian tambahkan sekam agar tanaman bisa tumbuh kuat. Setelah itu anda masukkan ke dalam lubang tanam yang ada di instalasi tersebut dan jangan lupa sesuaikan kandungan nutrisi dan kadar air yang akan digunakan tanaman brokoli untuk tumbuh berkembang.

Memelihara Tanaman Brokoli

Proses pemeliharaan tanaman brokoli hidroponik merupakan proses yang sangat penting. anda perlu menjaga pertumbuhan tanaman dan fokus pada penataan bunga brokoli. Jika Anda adalah hama yang menyerang maka lakukan pengendalian secara manual. Jika serangan hama sudah meluas maka anda bisa menggunakan pestisida untuk mengatasinya.

Proses Panen Tanaman Brokoli

Panen biasanya bisa dilakukan saat tanaman berumur 2-3 bulan, tergantung varietas yang Anda gunakan. Anda juga bisa memanen brokoli hidroponik ini jika massa bunga sudah padat dan sudah mencapai ukuran maksimal. Cara panennya adalah dengan memotong tangkai bunga, beberapa batang brokoli dan daun brokoli dengan panjang sekitar 25 cm.

Kesimpulan Menanam Brokoli Hidroponik

Proses menanam sayuran brokoli, biasanya Anda akan cenderung gagal. Mulai dari kegagalan saat pembibitan atau saat perawatan tanaman.

Pengaturan Nutrisi Hidroponik

Hal ini sangat penting untuk menghindari kegagalan saat panen brokoli hidroponik. Nutrisi yang Anda gunakan dalam hidroponik diibaratkan sebagai sumber makanan bagi tanaman. Dosisnya harus tepat. Tidak ada kelebihan dan tidak ada kekurangan. Jika Anda berlebihan dalam pemberian nutrisi maka akan menimbulkan masalah pada tanaman brokoli.

Musim Memberi Sedikit Pengaruh

Meski tanam hidroponik bisa dilakukan di musim apapun, bunga brokoli tetap menyarankan menanam hidroponik. Misalnya, jika Anda menanam di musim kemarau, tingkat kelembaban akan tinggi, penguapan air juga akan tinggi dan suhu akan sangat panas. Jadi sangat diinginkan bahwa perawatan intensif pada brokoli hidroponik Anda, jika tidak tanaman akan mati. Perawatan di sini seperti memperhatikan suplai air dan nutrisi tanaman agar tidak habis.

Demikian ulasan artikel tentang Cara Menanam Brokoli Hidroponik semoga bermanfaat, terimakasih.