Cara Menanam Pakcoy Dengan Botol Bekas

By | November 11, 2021

Cara Menanam Pokcoy Dengan Botol Bekas – Pakcoy mirip dengan sawi hijau. Orang sering menyebutnya sebagai ”sawi mangkok”, karena bentuk daunnya yang menyerupai mangkok, menggembung di bagian bawah. Biasanya dimasak dengan cara dikukus, ditumis atau dicampur makan mie dan sebagainya.

Cara menanam tanaman ini sebenarnya tidak begitu sulit. Pada kesempatan kali ini sesuai dengan judulnya kita akan membahas bagaimana cara Menanam Pokcoy Dengan Botol Bekas. Daripada penjelasan yang rumit, ikuti saja langkah-langkahnya!

Cara Menanam Pakcoy Dengan Botol Bekas

 

Cara Menanam Pakcoy Dengan Botol Bekas

Pemilihan Botol

Pilih botol yang ingin digunakan, pisahkan yang masih layak pakai dan yang tidak, lalu cuci bersih. Idealnya, botol plastik dapat didaur ulang di tempat asalnya dari pabrik dengan kode 1.2.4 dan 5, serta bening. Kemudian siapkan alat-alat seperti: Gunting, kain flanel, solder dan cutter. Kemudian ikuti langkah-langkahnya!

  • Ambil botol plastik 600 ml, ukur menjadi 3 bagian, potong 1/3 bagian atas botol. Bagian bawah adalah 2/3 dari botol, potong keempat sisinya sepanjang sekitar 10 cm. Selanjutnya, dengan menggunakan solder, bagian atas adalah 1/3 dengan lubang di bagian bawah, bersama dengan tutup botol. Begitu pula bagian bawah (2/3) botol dilubangi bagian atas, tepat saat botol bagian atas dimasukkan. Jadi keduanya dilubangi dengan posisi sejajar.
  • Masukkan kain flanel di lubang tutup botol sebagai sumbu.

Proses Pembibitan

Saat memilih pembibitan, ada dua cara: melalui benih, dan menumbuhkan kembali pohon-pohon tua yang telah dipanen. Jika Anda melirik bijinya, lakukan seleksi. Pilih yang bagus dan rendam terlebih dahulu, sebelum meletakkannya di tisu basah. Satu hal yang harus Anda pahami ketika melewati sistem ini, dibutuhkan sedikit waktu.

Jika menggunakan tisu basah, Anda harus berhati-hati saat ingin memindahkannya. Jangan sampai akarnya terpotong. Namun jika menggunakan cara kedua, Anda hanya perlu memotong ujung akar tanaman sebelumnya dan merendamnya di air bersih. Tunggu hingga tunas tumbuh, lalu masukkan ke dalam botol.

Pembibitan Pakcoy Bisa Dengan 2 Cara Menggunakan bibit Dan pertumbuhan ulang

Ketika anda memilih menumbuhkan pakcoy menggunakan bibit, hal penting yang harus diperhatikan adalah memilih bibit unggul.

  • Menanam bibit menggunakan benih akan memakan waktu lebih lama, Tapi Anda bisa menggunakan cara menanam bibit dengan tisu basah.
  • Jika Anda menggunakan metode tisu basah, maka Anda harus hati-hati mencabut bibit setelah tumbuh 3 sampai 5 cm tanpa merusak akarnya.
  • Jika menggunakan sistem replanting maka Anda hanya perlu memotong bagian sebelum ujung akar tanaman sebelumnya dan merendamnya di air bersih. kemudian tanam ke dalam wadah botol plastik yang telah disiapkan sebelumnya.

Proses Penanaman

Sebelum menentukan terlebih dahulu, akan ditanam di luar ruangan atau di dalam ruangan. Jika Anda memilih untuk menggunakan tanah, pastikan untuk mengambilnya dari luar dan kemudian mencampurnya dengan media lain. Pakcoy tidak sama dengan tanaman lain yang membutuhkan banyak penyiraman, namun tetap dilakukan secara rutin.

Pemeliharaan

Pakcoy adalah tanaman berdaun, membutuhkan kelembaban tinggi untuk terus tumbuh, serta irigasi yang sehat, untuk pertumbuhan yang sempurna. Karena itu, Anda tidak boleh malas untuk melakukan penyiraman secara teratur. Namun, air seharusnya tidak terlihat tergenang. Hal ini untuk menghindari pembusukan.

Pengendalian Hama Plus Penyakit

Sama seperti jenis tanaman sayuran lainnya, pakcoy juga tidak bisa dihindari. Hama yang umum menyerang adalah kutu dan ulat kubis. Dan untuk masalah penyakit, pakcoy rentan terhadap virus kuning, clubclorot dan black rot.

Solusi untuk mengatasi hal di atas adalah dengan tidak menanganinya saat basah, juga membuang infeksinya. Jauhkan dari tanaman yang masih utuh. Saat menggunakan tanah, menjaga kelembaban tanah adalah salah satu kuncinya.

Waktu Panen

Budidaya sayuran pakcoy cukup mudah. Bahkan jika Anda seorang pemula, Anda tetap bisa melakukannya dengan baik, asalkan Anda cermat dan mengikutinya, memperhatikan setiap detail mulai dari penyemaian, penanaman hingga masa pemeliharaan. Pakcoy siap panen setelah melewati masa tumbuh 40-50 hari, dengan tinggi tanaman 4-5 inci. Pada kondisi tanah sedang (tidak basah), sayuran ini dapat tumbuh dengan baik dan baik.

Demikian ulasan artikel di atas tentang Cara Menanam Pokcoy Dengan Botol Bekas semoga bermanfaat, terimakasih.