Cara Mencangkok Tanaman Hias

By | November 13, 2021

Cara Mencangkok Tanaman Hias – Kali ini kami akan menulis artikel tentang cara okulasi, atau cara menyambung tanaman hias, atau mungkin juga sering disebut dengan cara okulasi tanaman hias, namun secara umum oleh masyarakat Indonesia disebut okulasi atau tempel, meskipun cara yang digunakan okulasi sebenarnya adalah menyambung 2 bagian tanaman yang berbeda dengan cara memotong batang tanaman.

Sedangkan pengertian okulasi itu sendiri berarti menempelkan bagian kulit tanaman ke tanaman lain. Biasanya masih dalam satu jenis tetapi dalam farina yang berbeda, misalnya manga asam dengan manga yang manis.

Cara Mencangkok Tanaman Hias

 

Cara Mencangkok Tanaman Hias

sumber https://www.ilmusaudara.com/

Oke langsung saja saya share cara cangkok tanaman hias, dalam hal ini tanaman yang akan saya cangkok adalah tanaman hias, jadi sebenarnya judul artikel kali ini adalah Cara Mencangkok Tanaman Hias. Namun cara ini bisa juga digunakan untuk tanaman hias lainnya misalnya adenium atau kamboja jepang dan okulasi atau okulasi pada tanaman hias euporbia oke langsung saja simak caranya dibawah ini.

Untuk memulai pencangkokan tanaman hias ini ada beberapa alat dan perlengkapan yang kita butuhkan seperti dibawah ini. Jika Anda tidak memiliki salah satunya, maka Anda mungkin berpikir kreatif untuk menggantinya dengan alat lain dengan fungsi yang sama. Berikut peralatan yang kami butuhkan:

  • 1 Batang atas tanaman hias berumur sedang, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda) jika batang terlalu muda akan mudah layu, sedangkan batang yang tua pertumbuhannya sedikit lebih lambat.
  • Gunting Pohon atau Gunting Rotan atau Gunting Cabang untuk memotong batang bawah (Phon Wintaos).
  • 2 Kantong es plastik atau plastik elastis, yang pertama untuk menyambung tali, yang kedua untuk membungkus hasil penyambungan.
  • Pisau Cangkok. Biasanya banyak dijual di toko pertanian, tapi bisa diganti dengan pisau yang tajam dan bersih.

Batang bawah dari pohon mental. Setelah bahan-bahan di atas terkumpul ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu memotong plastik menjadi tali secara vertikal, berikut langkah-langkahnya:

Potong Plastik Menjadi Tali

Potong kantong es plastik secara vertikal hingga menjadi potongan panjang menyerupai tali elastis saat ditarik, hal ini akan memudahkan proses pengikatan batang agar tidak goyang.

Potong Bawah Yang Ingin Anda Hubungkan

Siapkan batang bawah pohon mentalis untuk dijadikan batang bawah, biasanya terdapat di kebun-kebun terlantar atau bisa dibeli di pedagang tanaman hias. Usahakan untuk memilih batang bawah pohon yang memiliki bentuk yang bagus agar lebih indah jika dilihat.

Kemudian belah batang bawah jika ukuran batangnya kecil, lakukan pembagian di tengah kurang lebih 2-3cm. Untuk memasukkan batang tanaman hias, jika batangnya besar, maka belah di dekat kulit untuk dikeringkan getahnya karena kulit menyimpan lebih banyak getah dan saluran makanan bagi tanaman.

Memotong Batang (Tanaman Hias)

Potong batang tanaman hias yang akan disambung di bagian bawah, menggunakan pisau yang sudah disiapkan. Usahakan pisau tetap tajam dan menghasilkan potongan yang bagus, bentuk sayatannya meruncing ke bawah di kanan dan kiri sehingga masih ada sedikit kulit yang tersisa, berikut adalah contoh gambarnya. Potong juga daun tanaman hias agar tidak terlalu banyak dan menjadi layu.

Gabung Kedua Pohon

Gabungkan kedua bagian dengan rapi, bersih dan hati-hati. Ini adalah proses penting, untuk memastikan bahwa tanaman saling menempel dan terhubung untuk memberi makan batang bawah.

Mengikat Dengan Tali Plastik

Setelah dipastikan tersambung dengan benar, ikat kedua batang yang telah disambung dengan tali plastik yang sudah dibuat tadi.

Berdoa Dan Menunggu

Doakan agar proses penyambungan ini berhasil dengan hasil yang baik.

Perawatan Selama Okuulasi

Setelah melakukan semua langkah di atas, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memindahkan tanaman ke tempat yang teduh dan sejuk, jangan coba-coba menyiram tanaman dan memberikan perawatan lebih agar sambungan cepat menempel. Keberhasilan proses penyambungan ini dapat dilihat ketika daun tanaman mulai berguguran dan akan muncul tunas daun baru dari batang atas.

Demikian ulasan artikel di atas tentang Cara Mencangkok Tanaman Hias semoga bermanfaat.